Jumat, 07 September 2018

Game Level 1


Assalamualaikum wr.wb

Kita bertemu lagi 😊 hari ini hari kedua tantangan komunikasi produktif. Tetap semangat terus untuk bermain game di bunda sayang yah.
Salah satu cara komunikasi produktif dengan anak yaitu KISS (keep information short & simple) yaitu dengan menggunakan kalimat tunggal,  bukan kalimat majemuk.

Dalam penerapan ke anak usia 11 bulan bagaimana caranya? Apakah anak dibawah 1 tahun sudah bisa diberikan perintah?
Bagi saya KISS merupakan cara yang tepat dalam melatih respon dan komunikasi anak. Sebenarnya kita sudah terbiasa melakukan hal ini, tetapi kita tidak pernah menyadarinya.

Seperti yang anak bayi lakukan hari ini. Saya meminta dia untuk mencium kakaknya
👩 : nak.. Cium kakak sayang
👶 : (langsung tempelin jidatnya ke kakaknya)
Kembali saya meminta untuk mencium papanya (by phone) dan dia pun menciumnya. Ketika saya meminta untuk dicium,  saya ditinggal kabuurr...  Yaah mamanya zonk 😂



Hal-hal kecil seperti perintah diatas merupakan contoh komunikasi produktif yang sudah biasa kita lakukan saat mereka masih kecil.  Hanya saja saat anak mulai bertambah usia kita sebagai orang tua memberikan perintah lebih banyak lagi,  kita beranggapan agar anak dapat menyelesaikan tugasnya dengan cepat. Sedangkan anak merasa bingung dengan perintah yang terlalu banyak dan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Dengan kita menggunakan perintah yg sederhana dan menunggu anak menyelesaikannya dapat membuat anak lebih mudah memahami apa yang diperintahkan dan melaksanakannya dengan baik.

Yuukk bersama-sama belajar agar lebih baik berkomunikasi dengan sang buah hati

Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar