Kamis, 04 Oktober 2018

Game Level 2


Assalamualaikum
Hallooww mooms.. Masih semangat yah untuk melatih diri agar menjadi moms dan istri yang lebih baik. Yuukk kali ini belajar melatih kemandirian anak. Periode game kali ini sejak tanggal 4-20 oktober. Program game level 2 kali ini one week one skill. 

Apa sih moms manfaat melatih kemandirian anak? 
💞 kemandirian anak erat kaitannya dengan rasa percaya diri. So, jika kita ingin anak kita semakin percaya diri kita tingkatkan kemandirian mereka
💞 kemandirian erat kaitannya dengan jiwa merdeka. Sehingga mereka tidak bergantung kepada orang lain. Jiwa seperti ini dimiliki oleh para enterpreuner. Sehingga untuk melatih jiwa enterpreuner latihlah kemandiriannya bukan jual beli nya terlebih dahulu. 
💞 kemandirian membuat anak lebih cepat selesai dengan dirinya,  sehingga dia mampu berbuat banyak untuk orang lain

Kapan sih moms anak bisa dilatih kemandiriannya? 
Sejak mereka sudah tidak masuk kategori bayi lagi, baik secara usia maupun secara mental. Secara usia seseorang dikatakan bayi apabila berusia 0-12 bulan, secara mental bisa jadi pola asuh kita membiarkan anak-anak untuk selalu dianggap bayi meski usianya sudah lebih dari 12 bulan.

Bayi usia 0-12 bulan kehidupannya masih sangat tergantung pada orang lain. Sehingga apabila kita madih selalu menolong anak-anak di usia 1 th ke atas, artinya anak-anak tersebut secara usia sudah tidak bayi lagi, tetapi secara mental kita mengkerdilkannya agar tetap menjadi bayi terus.

Kunci Orangtua dalam melatih kemandirian anak-anak di usia 1-3 th adalah sbb :
 💞 Membersamai anak-anak dalam proses latihan kemandirian, tidak membiarkannya berlatih sendiri.
💞 Mau repot di 6 bulan pertama. Bersabar, karena biasanya 6 bulan pertama ini orangtua mengalami tantangan yang luar biasa.
💞 Komitmen dan konsisten dengan aturan

Nah untuk fikar usianya 12 bulan kurang, tapi mamak sudah biasakan fikar untuk makan snack dan minum sendiri sejak 7 bulan. Seperti finger food, pegang botol minum atau gelas sendiri. Dalam melatih makan dan minum anak baby or toddler pastikan alat makannya menggunakan bahan yang tidak mudah pecah yah moms. Jika ada yang tumpah/berantakan tetap tenang yah moms, namanya juga proses belajar, jadi harap maklum 😁

Sumber bacaan :
Institut Ibu Profesional, Bunda Sayang, antologi, gaza media, 2014






Tidak ada komentar:

Posting Komentar