Senin, 08 Oktober 2018

Game Level 2


Assalamualaikum wr.wb

Day 5. Kegiatan makan melibatkan banyak kemampuan yang harus dikuasai anak. Banyak tahapan yang harus dilalui anak untuk bisa mengantarkan makanan sampai ke dalam mulutnya. Pertama, anak harus melihat makanannya, mengambil makanannya dengan tangan, kemudian membawanya sampai ke mulut, menyesuaikan dengan letak mulutnya, membuka mulutnya, mengunyah sampai menelan makanan.

Setelah anak bisa makan dengan tangan, anak kemudian mengembangkan kemampuannya makan dengan sendok dan garpu. Anak mungkin sering menjatuhkan makanannya sehingga berantakan. Namun, belajar memegang sendok merupakan salah satu cara mengembangkan keterampilan motorik halus anak.

Tahapan mengajari anak makan sendiri
1. Memberi anak makanan yang bisa dipegang oleh tangan (finger food)
2. Mengenalkan anak dengan sendok sebagai alat untuk makan

Kali ini saya melihat fikar tertarik makanan kakaknya, saya biarkan dia mengganggu kakaknya. Dia mulai memegang sendoknya, mengamati nasi, memasukkan ke mulutnya, memainkan sendoknya lagi, mencoba telur sampai akhirnya dia kabur membawa sendoknya 😅

Fikar asyik sekali dalam proses belajar makan sendiri. Dia selalu ingin menduplikat apa yang dilakukan kakak-kakaknya. So tugas saya bukan cuma ke fikar, tapi juga harus memandirikan kakak-kakak nya.

Sumber : https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/mengajari-anak-makan-sendiri/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar